Selasa, 16 September 2008

Menu Pembuka Hari INI

PENDAHULUAN
I. C & C++

Berbicara tentang C++ biasanya tidak lepas dari C, sebagai bahasa pendahulunya. Pencipta C adalah Brian W. Kerninghan dan Dennis M. Ritchie pada sekitar tahun 1972, dan sekitar satu dekade setelahnya diciptakanlah C++, oleh Bjarne Stroustrup dari Laboratorium Bell, AT&T, pada tahun 1983. C++ cukup kompatibel dengan bahasa pendahulunya C. Pada mulanya C++ disebut “ a better C “. Nama C++ sendiri diberikan oleh Rick Mascitti pada tahun 1983, yang berasal dari operator increment pada bahasa C.

Keistimewaan yang sangat berarti dari C++ ini adalah karena bahasa ini mendukung pemrograman yang berorientasi objek ( OOP / Object Oriented Programming).

I.1. PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJEK

Sampai saat ini, program dianggap sebagai sekumpulan procedure yang melakukan aksi terhadap data. Procedure, atau function, adalah suatu set instruksi khusus yang dieksekusi secara bergantian. Data terpisah dari procedure, dan trik pemrogramannya adalah menjaga urutan pemanggilan fungsi, dan data apa yang diubah. Dalam demikian terciptalah program yang terstruktur.

Ide dari pemrograman terstruktur adalah memecah program yang besar menjadi kecil sehingga lebih mudah dipahami. Program-program lama memaksa pengguna untuk melakukan langkah-perlangkah melalui layar monitor. Sedangkan program modern menyajikan semua pilihan sekaligus dan merespon aksi pengguna.

OOP berusaha untuk memenuhi kebutuhan itu, menyediakan teknik untuk mengelola kompleksitas, mencatat penggunaan ulang komponen software dsb. Inti dari OOP adalah memperlakukan data dan procedure sebagai sebuah objek berisi entitas dengan identitas dan ciri yang khusus.

I.2. C++ & OBJECT ORIENTED PROGRAMMING

Tiga karakteristik utama dari bahasa yang berorientasi objek adalah
• Encapsulation
• Inheritance
• Polymorphisme.

Tiga ciri diatas mendukung reusability, yang merupakan salah satu factor penentu kualitas software.

C++ mendukung karakteristik encapsulation dengan menggunakan konsep class. Setelah terbentuk, maka class akan bertindak sebagai entitas yang tenkapsulasi.

Dengan adanya konsep inheritance, maka C++ mendukung ide penggunaan ulang suatu object

Tidak ada komentar: